Metode Numerik Pengertian Arti dan Makna Lengkap

Metode numerik merupakan teknik atau cara sistematis untuk menyelesaikan persoalan matematika dengan operasi angka. Nah kali ini saya akan membahas tentang metode numerik apa itu arti dari metode tersebut kemudian dikupas lagi tentang permasalahan dari metode ini dan apa saja yang terkandung dalam metode numerik, berikut penjelasannya.


Apa itu Metode Numerik ?



Kali ini akan dibahas tentang satu persatu yang pertama numerik, kemudian metode dan yang terakhir apa itu metode numerik.
  • Numerik: berhubungan dengan angka
  • Metode: cara yang sistematis untuk menyelesaikan persoalan guna mencapai tujuan yang ditentukan
  • Metode numerik: cara sistematis untuk menyelesaikan persoalan matematika dengan operasi angka (+, -, *, /)

Mengapa Menggunakan Metode Numerik ?

Tidak semua permasalahan yang berhubungan dengan matematika atau perhitungan dapat diselesaikan dengan mudah bahkan juga dair prinsip matematik dalam memandang permasalahan. yang perlu diperhatikan adalah permasalahan tersebut mempunyai penyelesaian atau tidak. 
Hal ini menjelaskan bahwa tidak semua permasalahan dapat diselesaikan dengan menggunakan perhitungan biasa. 

Berikut adalah beberapa tujuan dari metode numerik :
  • Metode Analitik, Solusi ini sangat berguna namun terbatas pada masalah sederhana. Sedangkan Masalah real yang komplek dan non linier tidak dapat diselesaikan.
  • Metode Grafik,  metode ini digunakan Sebagai pendekatan penyelesaian yang kompleks. Kendalanya bahwa metode ini Tidak akurat, sangat lama, dan banyak membutuhkan waktu.
  • Kalkulator dan Slide Rules, Penyelesaian numerik secara manual. ini adalah merupakan cara lama dan mungkin bisa terjadi kesalahan pemasukan data.
Ada juga yang mengupas buku tentang metode numerik oleh Rinaldi Munir anda bisa mendapatkan artikelnya dalam format metode numerik pdf mungkin beberapa daftar ini ini bisa membantu anda menemukan solusinya dan juga yang membahas tentang metode numerik versi ppt dan  :
  1. Bab 1 Metode Numerik Secara Umum
  2. Bab 2 Deret Taylor dan Analisi Galat 
  3. Bab 3 Solusi Persamaan Nirlanjar
  4. Bab 4 Solusi Sistem Persamaan Lanjar
  5. Bab 5 Interpolasi Polinom
  6. Bab 6 Integrasi Numerik
  7. Bab 7 Turunan Numerik
  8. Bab 8 Solusi Persamaan Differensial Biasa

Contoh beberapa persoalan metode numerik dalam matematika:

1. Tentukan akar-akar persamaan polinom
23.4x7 - 1.25x6 + 120x4 + 15x3 - 120x2- x + 100 = 0

Cara penyelesaian persoalan matematika ada dua:
Tadi disebutkan diatas bahwa metode numerik bisa diselesaikan oleh dua solusi yang pertama adalah Secara analitik dan yang kedua adalah Secara numerik. Yang pertama Secara analitik: menggunakan rumus dan teorema yang sudah baku di dalam matematika metode analitik. 
Contohnya:
1: x2 – 6x + 8 = 0 Carilah akar-akarnya!

Metode analitik: faktorkan menjadi (x – 4)(x – 2) = 0
x – 4 = 0 x
1 = 4
x – 2 = 0 x
2 = 2

Penulis juga menyediakan contoh persoalan metode numerik dan juga cara penyelesaiannya yang bisa anda pelajari sendiri : http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/MetNum/2010-2011/Pengantar%20Metode%20Numerik.pdf (sumber)

Seputar pertanyaan tentang metode numerik sudah lengkap diatas, yang sudah belajar yuk berkomentarlah positif dibawah ini yang mungkin anda belum faham :)

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kata, Frasa Klausa & Diksi

Kalkulus 1 dan 2 Contoh Pengertian